Dwisetiati's Blog

Just another WordPress.com site

kertas kerja

pada Januari 9, 2013

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kertas kerja

Untuk membuktikan kecakapan teknis dan keahlian profesional, seorang auditor harus dapat menghasilkan kertas kerja yang bermanfaat. Agar kertas kerja tersebut bermanfaat maka kondisi-kondisi berikut harus diperhatikan.

  1. Lengkap

Yang dimaksud sebagai kertas kerja yang lengkap adalah jika memenuhi dua syarat sebagai berikut:

  1. Berisi semua informasi pokok
  2. Tidak memerlukan penjelasan lisan sebagai tambahan
  3. Teliti

Kertas kerja yang dibuat auditor harus bebas dari kesalahan, baik kesalahan penulisan maupun kesalahan dari penjumlahan. Untuk itu pembuatan kertas kerja harus dilakukan dengan teliti.

2. Ringkas

Kertas kerja hanya berisi informasi yang pokok dan yang relevan dengan tujuan pemeriksaan. Sehingga dalam penyajiannya ringkas tetapi dapat dimengerti dan difahami.

3. Jelas

Agar kertas kerja yang jelas dapat disajikan, dalam pembuatannya perlu digunakan istilah-istilah yang tidak menimbulkan pengertian ganda serta sistimatis dalam penyajiannya.

4. Rapi

Kerapian dalam pembuatan kertas kerja akan mempermudah pemahamannya (penelaahannya) dan mempermudah dalam memperoleh informasi dan kertas kerja tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: