Dwisetiati's Blog

Just another WordPress.com site

Unsur-Unsur Pekerjaan

pada Juni 5, 2012

Unsur-Unsur  Pekerjaan

Untuk membedakan mana perbuatan yang termasuk ke dalam pengertian pekerjaan dalam arti hukum dan mana yang bukan, perlu ditentukan unsur-unsur pekerjaan seperti yang diuraikan berikut ini :

1. Perbuatan atau kerugian

Unsur ini meliputi perbuatan kegiatan dalam bidang apa saja , misalkan bidang ekonomi, sosial, politik, pemerintahan dan pendidikan.

2. Terus-menerus

Perbuatan atau kegiatan itu dilakukan terus-menerus, artinya tidak terputus-putus, tidak insidental, merupakan pencaharian pokok yang tidak bersifat tetap, untuk jangka waktu lama.

3. Terang-terangan

Terang-terangan artinya mendapat pengakuan atau izin dari pemerintah, atau mendapat pengangkatan dari pemerintah atau mendapat penghargaan dari lembaga/badan tempat ia melakukan kegiatan, sehingga diketahui oleh masyarakat luas.

4. Kualitas tertentu

Kualitas tertentu adalah keahlian khusus yang diakui oleh pemerintah, atau keahlian/keterampilan khusus yang diakui oleh lembaga/badan yang bekepentingan. Keahlian/keterampilan khusus ini diperoleh melalui jenjang pendidikan atau pelatihan tertentu, atau karena pengalaman yang mendalam.

5. Penghasilan

Penghasilan adalah imbalan yang diperoleh dari pelayanan yang diberikan. Ini adalah tujuan yang diperhitungkan.

Berdasarkan unsur-unsur yang telah diuraikan maka dapat dirumuskan definisi pekerjaan dari segi hukum, yaitu “perbuatan atau kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus, terus-terang, berdasarkan kualitas tertentu, dengan tujuan memperoleh penghasilan”. Pekerjaan yang memenuhi unsur-unsur ini biasa disebut “profesi”.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: