Dwisetiati's Blog

Just another WordPress.com site

Jenis Pusat Akuntansi Pertanggungjawaban

pada Juni 5, 2012

Jenis Pusat Akuntansi Pertanggungjawaban

Dari berbagai fungsi dan tingkatan manajemen yang dimiliki suatu perusahaan, keseluruhannya dapat dikelompokkan ke dalam tiga kelompok pusat pertanggungjawaban. Keseluruhan fungsi dan tingkatan manajemen, seperti yang tercantum di dalam struktur organisasi berbagai perusahaan dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu pusat biaya, pusat laba, dan pusat investasi.

  1. Pusat biaya

Pusat biaya (cost center) adalah bagian terkecil dari kegiatan atau bidang tanggung-jawab untuk mana biaya diakumulasikan. Biasanya pusat biaya berbentuk suatu departemen tersendiri. Tetapi, tidak menutup kemungkinan, suatu pusat departemen terdiri dari beberapa pusat biaya. Misalnya sebuah perusahaan produsen elektronik, memiliki departemen penelitian dan pengembangan. Jika departemen semacam ini tidak diberikan wewenang untuk menjual hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukannya maka departemen ini hanya akan mengeluarkan biaya untuk berbagai keperluan penelitian dan pengembangan yang dilakukannya. Departemen semacam inilah yang disebut sebagai pusat biaya.

  1. Pusat laba

Pusat biaya (profit center) adalah salah satu bagian dari suatu perusahaan yang seringkali disebut sebagai suatu divisi, yang bertanggung-jawab atas pendapatan maupun pengeluaran perusahaan. Misalkan, salah satu perusahaan rokok yang berlokasi di Jawa Tengah memiliki kantor pemasaran di Jakarta maka divisi pemasaran tersebut merupakan pusat laba bagi perusahaan rokok tersebut. Karena disamping bertanggung-jawab terhadap pendapatan dari aktivitas pemasaran yang dilakukan untuk wilayah tertentu, divisi tersebut juga bertanggung-jawab untuk biaya-biaya yang dikeluarkan divisinya.

  1. Pusat investasi

Pusat investasi (investment center) adalah salah satu bagian dari organisasi perusahaan yang bertanggung-jawab atas pendapatan dan biaya sekaligus dihubungkan dengan modal yang digunakan oleh bagian tersebut. Dalam praktik, istilah pusat investasi jarang digunakan oleh berbagai perusahaan yang ada.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: