Dwisetiati's Blog

Just another WordPress.com site

Cara Berakhirnya Hak Hipotek

pada Juni 5, 2012

Cara Berakhirnya Hak Hipotek

 

Di dalam pasal 1209 KUH Perdata disebutkan 3 cara berakhirnya hak hipotek, yaitu :

 

1. Dengan berakhirnya perikatan pokok, jadi apabila utang yang dijamin dengan hak hipotek itu lenyap, bisa karena utang itu dilunasi, bisa juga karena perikatan pokoknya lenyap karena daluarsa yang membebaskan seseorang dari suatu kewajiban (daluarsa ekstinktif).

 

2. Karena pelepasan hioteknya oleh si berpiutang, jadi apabila kreditur yang bersangkutan melepaskan dengan sukarela hak hipoteknya, pelepasan dengan sukarela ini tidak ditentukan bentuk hukumnya, tetapi tentunya harus secara jelas atau tegas. Tidaklah cukup, dengan memberitahukan maksud hendak melepaskan hak hipotek oleh pemegang hipotek kepada sembarang orang pihak ketiga umpamanya. Biasanya pelepasan ini dilakukan dengan pemberitahuan kepada pemilik dari benda yang terikat dengan hak hipotek itu.

 

3. Karena penetapan tingkat oleh hakim, jadi apabila dengan perantaraan hakim diadakan pembagian uang pendapatan lelang dari benda yang dihipotekkan itu kepada kreditur, kreditur yang tidak kebagian pelunasan piutangnya kehilangan hak hipoteknya oleh karena pembersihan.

 

4. Dengan musnahnya benda yang dihipotekkan itu, misalnya dengan lenyapnya tanah yang merupakan obyek hak hipotek itu oleh karena tenggelam atau tanah longsor.

 

5. Dari berbagai peraturan dapat juga disimpulkan cara-cara hapusnya hak hipotek seperti misalnya dari pasal 1169 KUH Perdata, kalau pemilik benda bergerak yang dihipotekkan itu hanya mempunyai hak bersyarat atas benda tersebut dan hak bersyarat itu sendiri.

 

6. Dengan berakhirnya jangka waktu untuk mana hak hipotek tersebut diberikan hapuskan hak hipotek  tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: